OPEN MIND

belajar mengasah pikiran, hati dan rasa melalui goresan tinta

POMOSDA Memberikan Nuansa Tarbiyah 1

12.34 by , under ,

Dalam Pondok Ramadhan di SMPN I Tanjunganom

-----

Pondok Ramadhan merupakan kegiatan wajib sekolahan formal. Biasanya mereka menjalankan program dari lembaga yang menaunginya. Seperti Dinas Pendidikan untuk SD/SMP/SMA/SMK atau Departemen Agama untuk MI/MTs/MA. Demikian juga seperti yang dilaksanakan di SMPN I Tanjunganom, Nganjuk. Sebuah sekolah tingkat menengah pertama terbesar se Indonesia. Bayangkan setiap angkatan terdiri dari 12 kelas. Andaikan 1 kelas terdiri dari 40 orang siswa, bisa dihitung satu angkatan mencapai 480 orang. Bila tiga angkatan, kelas VII, VIII dan IX berati sebanyak 1440 orang siswa. Masya Allah......


Tidak hanya siswa yang repot mengikuti pondok ramadhan, lembaga pun dituntut untuk kreatif dalam menyelenggarakannya. Dalam rangka membekali siswa-siswinya dalam kegiatan ramadhan ini, pihak sekolah bekerja sama dengan POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa, red) untuk mengisi materi-materinya. ”Harapannya dengan diisi oleh orang pondok, yang awam ini tertulari nuansa pondokan di kalangan peserta didik. Sehingga terbentuk akhlaqul karimah, jiwa yang beragama,” kata Djoko Sutrisno, Kepala SMPN I Tanjunganom dalam acara selamat datang.

Perlu diketahui untuk membantu dan pengabdian masyarakat, POMOSDA mengirimkan satu yang terdiri dari 12 Ustadz/Ustadzah. Diantaranya ada Ust. Roni, Ust. Hasyim, Ust. Roziqin, Ust. Abd. Rahman, Ust. Akmal, Ust. Fuad, Ust. Zakiyah, Ust. Shidiq, Ust. Yusaq, Ust. Husnun dan Ust. Alwan. Setiap dari mereka mengampu materi yang berbeda.

Materi yang diberikan pun cukup variatif. Ada tentang sholat, bersuci/thaharoh, akhlaq, puasa yang dititikberatkan pada asspek pengetahuan kognisi. Setiap materi diampu oleh 3 orang Ustadz. Kemudian untuk memberikan pengalaman praktis, juga ada praktek baca Qur’an, sholat, dan bersuci (wudhu dan bersuci dari najis).

Sementara itu, pada kesempatan lain Bapak Direktur TMI, Ust. Dzhoarul Arifin berharap, kegiatan ini mampu memberikan bekas yang baik dan terbentuknya perilaku yang baik pada peserta didik. ”Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan nuansa tarbiyah di pihak luar dan sebagai sarana membangun tali silaturrahim,” tegas Ust. Harul yang juga sebagai penanggungjawab kegiatan. (shd)

--*tulisan ini adalah arsip penulis sebagai rangkaian warta POMOSDA pada September 2009 dalam Pondok Ramadhan 1430 H, sebagai pengabdian masyarakat*--



edit post

1 Reply to "POMOSDA Memberikan Nuansa Tarbiyah"

Sang Cerpenis bercerita on 8 Mei 2010 13.24

baca yg lama2

 

Posting Komentar