OPEN MIND

belajar mengasah pikiran, hati dan rasa melalui goresan tinta

Upaya adalah Doa dan Tindakan (8)

23.25 by , under

Diriku adalah diriku. Dirimu, ya dirimu. Aku bukanlah dirimu dan kamu bukanlah diriku. Dia dan mereka bukanlah aku dan bukan pula kamu. Dia adalah dia, dan mereka adalah mereka. Semua dari kita akan mencerminkan pribadi dan diri kita sendiri atas apa yang telah kita pikiran dan apa yang telah kita lakukan. Apa yang terlihat adalah refleksi dari usaha yang telah kita lakukan. Semua yang terjadi pada diri kita tergantung pada masing-masing pribadi. Kawan, you are what you think. Tak seorang pun bisa merubah diri kita, kecuali diri kita sendiri atas kehendakNya. Kun fayakunNya. (maaf, pembuka ini bukan menggambarkan sebuah kesombongan diri. Apalagi sebagai justifikasi kepada para pembaca. Hanya sebuah kata yang mengalir untuk membuka coretan tak bermakna. Percayalah kita tak kan bisa hidup tanpa ada orang disekitar kita)

Selaras dengan ungkapan diatas, marilah kita ingat salah satu firmanNya sebagai penguat bahwa perubahan diri ditentukan oleh masing-masing pribadi.

Bahwa, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali mereka mengubah dirinya sendiri. Merubah diri masing-masing dengan segala usaha dan upaya. Perubahan itu juga tergantung pada tindakan kita sendiri. Masalah pun datang, juga karena tindakan kita. Apakah itu masalah yang baik bagi diri maupun masalah yang tak selaras dengan diri.

Kawan, bolehlah kita pinjam rumusan upaya ala Pak Mario Teguh (seorang motivator). Inilah sebagian Super Note beliau.

UPAYA = DOA + TINDAKAN


Masalah yang terjadi karena kurangnya tindakan, hanya bisa diperbaiki dengan tindakan.
Jika kita telah melebihkan doa tetapi kurang bertindak, kita harus melebihkan tindakan, tanpa mengurangi doa.

Maka,
Janganlah kita hanya berdoa, tetapi tidak melakukan sesuatu yang menjadi sebab terjawabnya doa. Sebuah upaya belumlah lengkap, jika hanya berisi doa untuk diringankannya beban, tanpa diikuti dengan tindakan pasti dan tegas untuk menjadikan kita lebih kuat daripada beban kita sekarang.
Karena,
Bukan besarnya beban yang menyiksa kita, tetapi kecilnya kemampuan.

Itu sebabnya,
Keluhan yang disebabkan oleh besarnya beban, adalah pemberitahuan untuk memperkuat diri.
Maka berketetapanlah untuk menjadikan diri lebih kuat daripada beban-beban kita sekarang, karena beban kehidupan hanya akan membesar. (laa haula walaa quwwata illa billah. sadar posisi akan kehinaan, ketak-berdayaan dan kelemahan hamba merupakan kuncinya)

Tetapi di tangan yang bersungguh-sungguh, alat-alat yang bersahaja akan menghasilkan keindahan yang mengejutkan.

(sebagai anugerah dariNya yang Maha Kaya bagi hambaNya yang bersungguh-sungguh dan sabar dalam menjalani kehidupan)

Dan marilah kita bersikap ekstra hati-hati, jika sebagian besar dari isi doa kita adalah keluhan dan permintaan yang disemangati oleh rendahnya kemampuan.

Dan bertindak dengan memadukan sikap, akal dan hati, kiranya akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Kawan, untuk itulah segala tindakan yang manusia jalankan, harusnya sejalan dengan kehendakNya. Sejalan dengan kemauanNya. Kemauan dan kehendak Allah SWT. Sebagai raja Diraja semesta alam ini. Tanpa mengikuti kehendakNya apa yang kita lakukan akan ’bathal’. Bathal dalam artian sia-sia. Karena kita hidup di dunia ini hanya sebagai abdi. Mengabdi kepada ’bos besar’. Semoga kita mampu bertindak untuk maslahatan fil ardhi. Bukan cuma membuat mudharat belaka.

Bagaimana menurut kawan semua??

-----------

Mungkin inilah coretan-coretan tak bermakna untuk mengiringi hadirnya award pertama saya. Kiranya award ini merupakan spirit tersendiri bagi saya untuk lebih maju dan mengembangkan blog ini. Dengan harapan untuk menjadi lebih baik. Apalagi saya, hanya seorang blogger pemula, yang baru nimbrung bersama teman-teman blogger (kira-kira) 3 bulan yang lalu. Masih banyak kurang sana sini. Sangat sangat jauh dari kata sempurna. Tiada gading yang tak retak. Yang tak kiranya sebenarnya belum pantas menerima award.

Award ini kiranya tak akan ada tanpa kebaikan Bu Winny. Terima kasih buk, dengan perantara award ini semoga tali silaturrahim dan persaudaraan yang lebih erat dapat terpupuk antar blogger.

Sebagaimana yang telah diamanatkan ke kami .... (kata-katanya kayak gimana githu..), maka dengan untuk melanjutkan estafet kebiasaan baik dari para blogger, tak lupa kami membagikan award kepada para sahabat yang lain.

Kiranya estafet spring award ini, saya serahkan kepada mbak Nabila (mbak ato adek). Dia adalah sosok remaja yang penuh semangat menulis dan menuangkan ide yang bermanfaat. Silahkan diambil, Nabila.

Selain Nabila, kiranya untuk estafeta sping award ini, saya juga ingin berbagi dengan temanku Danny yang tak bosan-bosannya selalu berkunjung di blog OPEN MIND. Pagi, siang, sore dan malam hari. Monggo, silahkan diambil mas Danny. Semoga panjenengan berkenan dan menerima dengan senang hati.

Inilah spring award itu,

clip_image001

Kemudian, untuk meneruskan amanat para pendahulu pemegang spring award ini maka saya cantumkan pesan2 beliau.

  1. Memberikan award ini ke teman blogger lainnya, minimal satu orang. Hal ini akan menjadikan antar sahabat saling menyapa sehingga memberikan efek silaturahim yang memperpanjang umur, InsyaAllah.
  2. Menuliskan minimal satu kalimat motivasi atau kalimat penyemangat atau nasihat yang memacu pikiran positif untuk kita semua. Boleh mengutip dari kata-kata motivator dunia ataupun dari manapun, asal disebut sumbernya ya.. clip_image002Tapi kalau punya kalimat sendiri atau nasihat dari orang tua/teman/saudara yang ingin dibagi, pastinya boleh juga..

Semoga sahabat sudi menerimanya.



edit post

8 Reply to "Upaya adalah Doa dan Tindakan"

Dhani Muhar on 23 April 2010 10.21

Terima kasih banyak awardnya.....Dan juga motifasinya bagus sekali.....Blog yang bagus adalah blog yang memiliki ciri khas..... Thanks awardnya sobat semoga makin mempererat silahturahmi.......

 

Winny Widyawati on 23 April 2010 10.21

Tulisan di atas sangat memotivasi saya Mas, (kebetulan sedang banyak mengeluh kepada "Bos Besar"), ternyata harus diiringi dengan melebihkan "tindakan" atau amal shaleh ya Mas. Terima kasih pencerahannya.

 

PURNOMO SHIDIQ "Faza Fauzi Akbar" on 23 April 2010 11.27

@ dhani : trima kasih kembali, kiranya masukan dari mas danny, juga sebuah spirit...
@ bu winny : kurang lebih seperti itu, tapi yang terpenting harus ingat kepada Yang Maha Kuasa, Yang Maha Membolak-balikkan setiap hati makhlukNya. #terima kasih kembali, buk.

 

Achmad Edi Goenawan on 23 April 2010 21.32

Selamat atas awardnya!

 

Sang Cerpenis bercerita on 23 April 2010 21.50

wow keren kalimatnya. selamat awardnya ya

 

shidiq on 24 April 2010 08.28

@all : makasih semuanya, makasih atas masukkannya
makasih atas suntikan semangatnya...let's keep our spirit!!

 

richoyul on 24 April 2010 12.34

setuju banget upaya adalah doa dan tindakan..... selamat juga buat awardnya yah

 

sherlina halim on 10 Oktober 2015 13.19

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

 

Posting Komentar